Hajar, Siti (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE-A MATCH PADA MATERI STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4112131017 COVER pdf.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4112131017 APPROVAL SHEET pdf.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM 4112131017 ABSTRACT pdf.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 4112131017 PREFACE pdf.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM 4112131017 TABLES OF CONTENT pdf.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM 4112131017 ILLUSTRATION pdf.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 4112131017 TABLES pdF.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 4112131017 CHAPTER 1 pdf.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
13. NIM 4112131017 CHAPTER V pdf.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 4112131017 BIBLIOGRAPHY pdf.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar berpikir kritis dan kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X MAN Kutacane aceh Tenggara T.A 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Kutacane yang terdiri dari 3 (tiga) kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara acak (random sampling), yakni satu kelas merupakan kelas ekperimen I dan satu kelas sebagai kelas ekperimen II. Sampel siswa diambil sebanyak 32 orang siswa berdasarkan kehomogenan nilai pretest dan berdasarkan pada tabel krejcie dengan α= 0,05. Pada kelas ekperimen I dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan kelas ekperimen II dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make-a match. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari istrumen tes dan non tes. Dimana instrument tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang telah divalidasikan. Dan non tes digunakan untuk mengetahui sikap berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa dengan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dengan thitung > 1,9994. Persen peningkatan hasil belajar siswa pada kelas ekperimen I sebesar 61 % dan kelas ekperimen II sebesar 53%, Persen peningkatan sikap berpikir kritis siswa pada kelas ekperimen I sebesar 54,72 % dan kelas ekperimen II sebesar 53,92 %, Sedangkan persen peningkatan sikap kerjasama siswa pada kelas ekperimen I sebesar 47,52 % dan pada kelas ekperimen II sebesar 48,88%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 012 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kerjasama; Stoikiometri; Kensep Mol |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 18:38 |
Last Modified: | 08 May 2016 18:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5113 |