Banjarnahor, Jumono (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DENGAN MEDIA POWER POINT DAN TEKA TEKI SILANG (TTS) PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4113331019 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2 NIM 41113331019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3 NIM 4113331019 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
3 NIM 4113331019 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4 NIM 4113331019 KATA PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5 NIM 4113331019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
6 NIM 4113331019 TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7 NIM 4113331019 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8 NIM 4113331019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
9 NIM 4113331019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14 NIM 4113331019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15 NIM 4113331019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan kerjasama siswa menggunakan model kooperatif Tipe TPS (Think pair share) dengan media TTS dan media powerpoint pada pokok bahasan ikatan kimia di YP Parulian 2 Medan pada kelas X IPA semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yakni 2 kelas dimana kelas eksperimen I dan eksperimen. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 30 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata Gain belajar kimia kelas eksperimen I 0,544 lebih tinggi dibandingkan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata 0,612. Perbedaan Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t dua pihak diperoleh thitung < ttabel (1,05, 1,795 ) sehingga Ha diterima berarti Perbedaan hasil belajar kimia dengan menggunakan Model kooperatif tipe TPS dengan media teka-teki silang lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar kimia dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media powerpoint . Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan Media Teka-teki silang memberikan hasil belajar dan kerja sama siswa yang lebih tinggi dari pada pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media power point. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen I memiliki rata-rata nilai pre-test 44,4 dan post-tes 74,53 dengan rata-rata gain sebesar 0,53. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pre-test 48,4 dan pos-tes 81,46, dengan rata-rata gain sebesar 0,61. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar sebesar 7,9 % perbedaan kerjasama siswa kelas eksperimen I 68,52 dan pada kelas eksperimen I 71,66 .Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan kerjasama siswa sebesar 3,14.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 024 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kerjasama;Keterampilan;Media |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 18:24 |
Last Modified: | 08 May 2016 18:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5108 |