PANGARIBUAN, MITHA YOHANA (2022) PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183142049 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 7183142049 LEMMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 7183142049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 7183142049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM. 7183142049 DAFTRA ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 7183142049 SAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM. 7183142049 SAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 7183142049 SAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
9. NIM. 7183142049 BAB I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
13. NIM. 7183142049 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14. NIM. 7183142049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Manajemen Waktu dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Akuntansi SMK Negeri 6 Medan.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Medan tepatnya pada siswa jurusan akuntansi. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi kelas XI dan XII yang berjumlah 173 orang dan sampel sebanyak 120 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan angket.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen waktu terhadap prestasi belajar dengan nilai t hitung 1,996 > 1,980 t tabel dan nilai signifikan 0,044 < 0,05. Kemandirian belajar juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai t hitung 2,435 > 1,980 t tabel dan nilai signifikan 0,016 < 0,05. Dalam perhitungan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta 5,129, koefisien regresi manajemen waktu sebesar 0,164 dan koefisien kemandirian belajar sebesar 0,213.
Untuk menguji hipotesis manajemen waktu dan kemandirian belajar secara simultan menggunakan uji f dengan taraf signifikansi 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (3,966 > 3,07), menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara manajemen waktu dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. Untuk hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 83,2% dan sisanya 16,8% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Manajemen Waktu, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2023 00:21 |
Last Modified: | 12 May 2023 00:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50686 |