Shafira, Saniya Ayustin (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4173341065 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM 4173341065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM 4173341065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM 4173341065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM 4173341065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 4173341065 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7, NIM 4173341065 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4173341065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
12. NIM 4173341065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. NIM 4173341065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa selama pembelajaran daring pada model Project Based Learning dan tanpa model pembelajaran pada materi Sistem Pertahanan Tubuh di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan populasi penelitian seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas dengan
jumlah 186 orang. Dalam penelitian ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu XI IPA 2 yang berjumlah 30
orang sebagai kelas Eksperimen dan XI IPA 6 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi Sistem Pertahanan Tubuh. Untuk
keseluruhan, model pembelajaran Project Based Learning memiliki hasil yang lebih baik yaitu ( 66 66 65,83). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 5,225 Sedangkan harga ttabel pada dk = 58 f f α 0 05 1 671 H0 ditolak sekaligus Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas kontrol tanpa model pembelajaran pada materi sistem pertahanan tubuh di
kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sunggal T.P 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 060 |
Keywords: | Project based learning; Quasi experiment; Pembelajaran daring; Sistem pertahanan tubuh; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:23 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50126 |