Sembiring, Malik Alfatah (2021) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DAN ZOOM CLOUD MEETINGS PADA MATERI GERAK LURUS SISWA KELAS X MAN 3 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4172121027 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM. 4172121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM. 4172121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 4172121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 4172121027 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM. 4172121027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM. 4172121027 TABELS.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM. 4172121027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
9. NIM. 4172121027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
13. NIM. 4172121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
14. NIM. 4172121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran Blended Learning berbantuan Google Classroom dan Zoom Cloud Meetings yang dikembangkan valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang lebih dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan sebanyak 5 kelas. Rata rata jumlah siswa setiap kelas 30 orang. Sampel yang dipilih sebanyak 1 kelas yang dipilih dengan teknik random sampling. Data penelitian diperoleh dari kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dari desain pembelajaran yang dikembangkan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kevalidan 97%, 97,5% dan 98% dengan kategori sangat valid, kemudian nilai keefektifan untuk lembar aktivitas siswa 85,16% kategori sangat tinggi dan nilai tes hasil belajar dari rumus N-gain yakni 0,67 pada kategori sedang dan untuk kategori efektivitas tes hasil belajar dari rumus N-gain diperoleh nilai 67 dengan kategori cukup efektif, untuk perolehan nilai praktis pada lembar respon siswa diperoleh nilai 90,67% dengan kategori sangat praktis. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan desain pembelajaran Blended Learning berbantuan Google Classroom dan Zoom Cloud Meetings pada materi gerak lurus di MAN 3 Medan telah dikatakan valid, efektif dan praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 043 |
Keywords: | Blended learning; Google classroom; Zoom cloud meetings; Gerak lurus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 07:41 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50008 |