DAMANIK, PUSPITA SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 AIR PUTIH T.P. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7181141009 COVER.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
2. NIM 7181141009 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
3. NIM 7181141009 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4. NIM 7181141009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
5. NIM 7181141009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM 7181141009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
7. NIM 7181141009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
8. NIM 7181141009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM 7181141009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
10. NIM 7181141009 BAB I.pdf - Published Version
Download (778kB) | Preview
14. NIM 7181141009 BAB V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
15. NIM 7181141009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
Abstract
Puspita Sari Damanik NIM: 7181141009. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Air Putih T.P. 2021/2022. Skripsi, Jurusan Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas negeri Medan.Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah serta ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ekonomi. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Air Putih. Metode penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimen dan instrumen yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar, kemudian sebaran angket untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis. Analisis data pengujian hipotesis ini menggunakan analisis varians dua jalan (2 x 2).Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisi varians dua jalan, dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh nilai sig (0,034), dimana 0,034 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model Inkuiri memberikan hasil belajar yang baik, kemudian diperoleh nilai sig (0,000), dimana 0,000 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis tinggi akan memperoleh hasil belajar yang tinggi sedangkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang rendah, serta diperoleh nilai sig (0,360), dimana 0,360 > 0,05 sehingga tidak diperoleh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa, model inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar, sehingga model Inkuiri lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar,Inkuiri,Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 03:45 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49762 |