PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 AIR PUTIH T.P. 2021/2022

DAMANIK, PUSPITA SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 AIR PUTIH T.P. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7181141009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7181141009 COVER.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7181141009 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7181141009 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7181141009 SURAT PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7181141009 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7181141009 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7181141009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7181141009 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7181141009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7181141009 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7181141009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7181141009 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7181141009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7181141009 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7181141009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7181141009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7181141009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 7181141009 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 7181141009 BAB I.pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7181141009 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7181141009 BAB V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 7181141009 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 7181141009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview

Abstract

Puspita Sari Damanik NIM: 7181141009. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Air Putih T.P. 2021/2022. Skripsi, Jurusan Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas negeri Medan.Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah serta ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ekonomi. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Air Putih. Metode penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimen dan instrumen yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar, kemudian sebaran angket untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis. Analisis data pengujian hipotesis ini menggunakan analisis varians dua jalan (2 x 2).Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan analisi varians dua jalan, dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh nilai sig (0,034), dimana 0,034 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model Inkuiri memberikan hasil belajar yang baik, kemudian diperoleh nilai sig (0,000), dimana 0,000 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis tinggi akan memperoleh hasil belajar yang tinggi sedangkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang rendah, serta diperoleh nilai sig (0,360), dimana 0,360 > 0,05 sehingga tidak diperoleh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa, model inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar, sehingga model Inkuiri lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar,Inkuiri,Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:45
Last Modified: 11 Jan 2023 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49762

Actions (login required)

View Item
View Item