SITINJAK, ESRA EVELINA (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI DASAR PADA SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PATUMBAK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183142035 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 7183142035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
3. NIM. 7183142035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM. 7183142035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5. NIM. 7183142035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6.NIM. 7183142035 TABLES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. NIM. 7183142035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
8. NIM. 7183142035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
9. NIM. 7183142035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. NIM. 7183142035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 7183142035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Keaktifan Belajar Siswa yang masih rendah di kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Patumbak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Patumbak. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak, yang beralamat di Jalan Pertahanan Ujung, Lantasan Baru, Kec. Patumbak, Kab. Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi sebanyak 108 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 85 siswa, dimana pengambilan sampel Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear sederhana dengan menggunakan software SPSS versi 22.
Hasil dalam penelitian ini yaitu: (1) kepercayaan diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa kelas X jurusan akuntansi nilai thitung > ttabel (7,925 > 1,989) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05); (2) gaya mengajar guru berpengaruh secara positif dan signifikansi terhadap keaktifan belajar siswa kelas X jurusan akuntansi dengan nilai thitung > ttabel (6,364 > 1,989) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R²) variabel kepercayaan diri terhadap keaktifan belajar adalah sebesar 42,4%, sedangkan sisanya 57,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Hasil uji koefisien determinasi (R²) variabel gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar adalah sebesar 32%, sedangkan sisanya 68% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Persamaan regresi linear sederhana yang dihasilkan pada variabel kepercayaan diri adalah Y=16.008 + 0,781 X1. Jadi hasil dari penelitian ini adalah kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Patumbak. Persamaan regresi linear sederhana yang dihasilkan pada variable gaya mengajar guru adalah Y= 13.789 + 0.920 X2. Jadi hasil dari penelitian ini adalah gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Patumbak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kepercayaan Diri, Gaya Mengajar Guru, Keaktifan Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 01:12 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 01:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49680 |