Lubis, Muhammad Aiman Jamil (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAM MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MTs NEGERI 4 TAPANULI SELATAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4173111051 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2.NIM. 4173111051 A P P R O V A L S H E E T.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3.NIM. 4173111051 A B S T R A C T.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4.NIM. 4173111051 P R E F A C E.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5.NIM. 4173111051 T A B L E O F C O N T E N T.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
9.NIM. 4173111051 C H A P T E R I.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
13.NIM. 4173111051 C H A P T E R V.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
14.NIM. 4173111051 B I B L I O G R A P H Y.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Tapanuli selatan sesudah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL). Dalam penelitian ini yang menjadi fokus utama adalah melihat keahlian siswa pada kemampuan pemecahan masalah matematika per-indikator dan melihat tingkat keahlian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, serta kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Dari hasil penelitian yang didapat bahwa : (1) Dari 36 siswa yang telah dianalisis kemampuan pemecahan masalah matematis setelah diterapkannya model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) siswa pada kategori sangat baik ialah 9 siswa, siswa pada kategori baik ialah 13 siswa, siswa pada kategori sedang ialah 9 siswa, siswa pada kategori kurang ialah 2 siswa, siswa pada kategori sangat baik ialah 3 siswa. (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa per-indikator adalah yaitu : Untuk indikator memahami masalah yaitu memahami masalah soal selengkapnya, mampu menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan secara tepat adalah 87,9%, Untuk indikator merencanakan pemecahan masalah yaitu membuat rencana pemecahan masalah sesuai dengan prosedur dan mengarahkan pada solusi yang benar adalah 82,7%, untuk indikator melaksanakan pemecahan masalah yaitu melakukan proses yang benar dan mendapatkan hasil yang benar sebesar 73,1%, dan untuk indikator memeriksa kembali yaitu memeriksa hasil yang diperoleh untuk melihat kebenaran proses berjumlah 41,6%. Sehingga persentase kemampuan pemecahan masalah matematis siswa secara keseluruhan adalah 71,3% yaitu berada pada kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 093 |
Keywords: | Pemecahan masalah matematika; Contextual teaching and learning; Barisan; Deret; Aritmatika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:13 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49548 |