Astutik, Nur Puji (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SMA DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136122040_COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 8136122040_LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN & PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 8136122040_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 8136122040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 8136122040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. NIM. 8136122040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM. 8136122040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM. 8136122040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
9. NIM. 8136122040_BAB I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM. 8136122040_BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 8136122040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang diajar dengan strategi pembelajarn bermain peran dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi ekspositori (2) mengetahui perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 126 orang yang berasal dari kelas XII IPS SMA Dr. Wahidin Sudirohusodo yang berjumlah 3 kelas. Sedangkan sampel berjumlah 84 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes kemandirian belajar untuk membedakan tingkat kemandirian belajar yang dimiliki siswa. Tes hasil belajar terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui ti8ngkat validasi tes dan realibilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 60 soal yang diujicoban, sebanyak 45 soal saja yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial. Hipotesis penelitian ini diujikan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji lilifors dan uji homogenitas varian dengan Uji F dan Uji Barlett.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar Sejarah kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan Strategi Pembelajaran Bermain Peran lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi pembelajaran Ekspositori dengan nilai Fhitung 7,14 > FTabel 3,96; (2) hasil belajar Sejarah kelompok siswa yang memiliki Kemandirian Belajar Tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang memiliki Kemandirian Belajar Rendah dengan nilai Fhitung = 20,93 > FTabel = 3,96; (3) terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Sejarah dengan nilai FHitung kolom – baris (interaksi) lebih besar dari FTabel (FHitung = 14,14 > FTabel = 3,96) pada taraf signifikansi 5%.
Hasil Penelitian ini diharapka dapat bermanfaat untuk guru dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Disarankan agar guru mempergunakan strategi pembelajaran bervariasi dan memberikan perhatian kepada bahan belajar dan kemandirian belajar siswa sebab kedua –duanya mempengaruhi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Ast p |
Keywords: | Hasil belajar; Sejarah; Strategi pembelajaran; Kemandirian belajar; Pembelajaran ekspositori |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 19:30 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 19:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4954 |