Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Game Based Learning Scracth Untuk KELAS XI IPS DI SMA Negeri 11 Medan.

Berutu, mya Lesina (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Game Based Learning Scracth Untuk KELAS XI IPS DI SMA Negeri 11 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3183321011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3183321011 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3183321011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3183321011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3183321011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3183321011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3183321011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3183321011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3183321011 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3183321011 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3183321011 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3183321011 TABELS.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3183321011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3183321011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3183321011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3183321011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3183321011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3183321011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3183321011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3183321011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3183321011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3183321011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya keterbatasan media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah. Dan penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research And Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran game scracth yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran game scracth menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 7 (Tujuh) tahapan yaitu:
1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain, 6) Uji coba Pemakaian dan 7) Revisi Produk. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli media, dan angket uji produk oleh pengguna (siswa). Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validitas isi oleh ahli materi mencapai nilai 89,52 % dengan kategori layak, ahli media 90 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan atas pengujian tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk dijadikan media pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-SJRH-061
Keywords: Media Pembelajaran; Game Scratch; Penelitian dan Pengembangan (R&D)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:52
Last Modified: 20 Dec 2022 06:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49350

Actions (login required)

View Item
View Item