Situmorang, Immanuel (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4183111066 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM.4183111066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM.4183111066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM.4183111066 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM.4183111066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM.4183111066 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. NIM.4183111066 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM.4183111066 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM.4183111066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
13. NIM.4183111066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Matematika siswa berbasis model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain 4-D (Four-D) dengan mempertimbangkan kriteria kualitas produk Nieveen. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan T.A. 2021/2022. Produk dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah Modul Matematika Siswa berbasis Model PBM beserta perangkat pembelajaran pendukung yang valid, praktis dan efektif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi; (2) lembar penilaian keterlaksanaan perangkat pembelajaran; (3) angket respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran; dan (4) tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil dari proses pengembangan Modul Matematika Siswa ini adalah (1) Modul Matematika Siswa berbasis Model PBM beserta perangkat pembelajaran pendukung termasuk dalam kategori valid; (2) kriteria kepraktisan Modul Matematika Siswa berbasis Model PBM beserta perangkat pembelajaran pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas termasuk dalam kategori tinggi; (3) kriteria keefektifan Modul Matematika Siswa berbasis Model PBM beserta perangkat pembelajaran pendukung berdasarkan pada: (i) ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu mencapai 87,5%; dan (ii) banyak siswa yang memberikan respon positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran telah tercapai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-214 / 153.42 Sit p |
Keywords: | penelitian pengembangan; Modul Matematika Siswa; Model PBM; kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 03:04 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49342 |