PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN

Situmorang, Immanuel (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4183111066 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4183111066 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4183111066 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4183111066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4183111066 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4183111066 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4183111066 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4183111066 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4183111066 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4183111066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.4183111066 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM.4183111066 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.4183111066 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM.4183111066 TABLES.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.4183111066 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM.4183111066 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM.4183111066 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM.4183111066 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4183111066 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4183111066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Matematika siswa berbasis model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain 4-D (Four-D) dengan mempertimbangkan kriteria kualitas produk Nieveen. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan T.A. 2021/2022. Produk dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah Modul Matematika Siswa berbasis Model PBM beserta perangkat pembelajaran pendukung yang valid, praktis dan efektif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi; (2) lembar penilaian keterlaksanaan perangkat pembelajaran; (3) angket respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran; dan (4) tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil dari proses pengembangan Modul Matematika Siswa ini adalah (1) Modul Matematika Siswa berbasis Model PBM beserta perangkat pembelajaran pendukung termasuk dalam kategori valid; (2) kriteria kepraktisan Modul Matematika Siswa berbasis Model PBM beserta perangkat pembelajaran pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas termasuk dalam kategori tinggi; (3) kriteria keefektifan Modul Matematika Siswa berbasis Model PBM beserta perangkat pembelajaran pendukung berdasarkan pada: (i) ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu mencapai 87,5%; dan (ii) banyak siswa yang memberikan respon positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran telah tercapai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-MAT-214 / 153.42 Sit p
Keywords: penelitian pengembangan; Modul Matematika Siswa; Model PBM; kemampuan berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:04
Last Modified: 05 Dec 2022 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49342

Actions (login required)

View Item
View Item