Siregar, Febri Anita Fitr (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA SWASTA UISU MEDAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4163111021 COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM 4163111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. NIM 4163111021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 4163111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 4163111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. NIM 4163111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4163111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM 4163111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4163111021 BAB I.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
13. NIM 4163111021 BAB V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. NIM 4163111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA Swasta UISU Medan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning, (2) mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa kelas X SMA Swasta UISU Medan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa/i kelas X SMA Swasta UISU Medan dan kemudian dipilih 5 siswa untuk diwawancarai. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh data yaitu, (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Swasta UISU Medan setelah diajar dengan Model pembelajaran Discovery Learning diketahui bahwa kategori sangat tinggi memiliki persentase sebanyak 17,86%, kategori tinggi memiliki persentase sebanyak 28,57%, kategori sedang memiliki persentase sebanyak 28,57%, kategori rendah memiliki persentase 14,28% dan sangat rendah memiliki persentase sebanyak 10,72%. (2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa kelas X SMA Swasta UISU Medan setelah diajar dengan Model pembelajaran Discovery Learning diketahui bahwa pada saat tahap merencanakan dimana siswa harus menuliskan rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan masalah dalam soal. Dalam tahap menyelesaikan masalah, sebagian peserta didik melakukan proses tahap-tahapan yang benar namun masih kurang maksimal dalam menyelesaikan jawaban tersebut. Dan juga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan pada indikator merencanakan penyelesaian. Banyak siswa yang melakukan rencana penyelesaian namun masih salah dalam pengerjaan soal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-234 / 371.33 Sir a |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Masalah Matematik; Model Pembelajaran Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 10:35 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 10:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49328 |