Simanjuntak, Sinitta Marito (2022) STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183311009 COVER.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
2. NIM 4183311009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4183311009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM 4183311009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
5. NIM 4183311009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
6. NIM 4183311009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. NIM 4183311009 TABLES.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
8. NIM 4183311009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
9. NIM 4183311009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
13. NIM 4183311009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM 4183311009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
Abstract
Matematika merupakan ilmu pasti yang membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis, strategis, kreatif, dan analitis sehingga matematika perlu diberikan kepada siswa mulai dari sekolah dasar. Pada pembelajaran matematika salah satu tujuan pembelajarannya adalah mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain sehingga kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan untuk dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbandingan kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran Think Pair Share. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII-4 dan VIII-9 di SMP N 22 Medan yang berjumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang menunjukkan hasil penelitian bahwa kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran berbasis proyek memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 63,02 dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran Think Pair Share yang memiliki rata rata yaitu 52,13. Nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh melalui pemberian posttest di akhir setelah diberi perlakuan. Sehingga terbukti bahwa kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Think Pair Share
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-201 / 371.33 Sim s |
Keywords: | kemampuan komunikasi matematis; model pembelajaran berbasis proyek; model pembelajaran Think Pair Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 10:30 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 10:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49326 |