Ishaq, Muhammad (2022) Pengaruh Pendekatan Experiential Learning dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri 056587 Pantai Sampah Kecamatan Bahorok. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8214081006 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 8214081006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM 8214081006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM 8214081006 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 8214081006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM 8214081006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM 8214081006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 8214081006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8214081006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
13. NIM 8214081006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM 8214081006 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan pendekatan experiential learning dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan direct instruction; (2) menganalisis perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dibandingkan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah; dan (3) menganalisis interaksi antara pendekatan experiential learning dan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa di SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 056587 Pantai Sampah Kecamatan Bahorok sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket kecerdasan interpersonal dan tes hasil belajar PPKn. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan pendekatan experiential learning lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan direct instruction (Fhitung = 6.157 dan nilai sig. 0,017 < 0,05); (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah (Fhitung = 5,098 dan nilai sig. 0,029 < 0,05); dan (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa (Fhitung = 4.285 dan nilai sig. 0,016 < 0,44).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Ish p |
Keywords: | Experiential learning, direct instruction, kecerdasan interpersonal, hasil belajar PPKn |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 03:40 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49324 |