Sitanggang, Pesta Rut Cahaya (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN LKS KELAS VII-2 SMP NEGERI 9 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182111013 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4182111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (986kB) | Preview
3. NIM 4182111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
4. NIM 4182111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
5. NIM 4182111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
6. NIM 4182111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7. NIM 4182111013 TABLES.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
8. NIM 4182111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
9. NIM 4182111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
13. NIM 4182111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM 4182111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan LKS kelas VII-2 SMP Negeri 9 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 9 Medan sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan LKS pada materi aritmetika sosial di kelas VII-2 SMP Negeri 9
Medan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan Siklus II terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik, wawancara, observasi, tes kemampuan pemecahan masalah serta dokumentasi untuk melengkapi hasil catatan lapangan yang diteliti. Dari tes diagnostik, diperoleh skor rata- rata siswa adalah 34, 13 termasuk dalam kategori rendah dan hanya satu orang yang menyelesaikan masalah dengan tuntas. Setelah diberikan tindakan pada siklus I dan diberikan tes kemampuan pemecahan masalah, diperoleh skor rata- rata siswa
59, 78 dalam kategori sedang dengan hanya 13 siswa (40, 63%) yang tuntas memecahkan masalah. Dalam siklus I, persentase ketuntasan pemecahan masalah belum tercapai maka dilakukan siklus II. Setelah diberikan tindakan pada siklus II dan diberikan tes kemampuan pemecahan masalah, diperoleh rata- rata skor 76, 94 dalam kategori sangat tinggi dan 28 siswa atau 87, 5% telah tuntas dalam memecahkan masalah. Dari siklus I ke siklus II, diperoleh peningkatan skor rata- rata serta persentase ketuntasan pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-168 / 371.33 Sit u |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah; model pembelajaran kooperatif; tipe STAD; LKS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 09:36 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49224 |