PENGARUH PENGGUNAAN ADOBE FLASH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA XI IPA SMA

Simamora, Elisabet (2022) PENGARUH PENGGUNAAN ADOBE FLASH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA XI IPA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4173311031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4173311031 COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2. 4173311031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4173311031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3. 4173311031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4173311031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4. 4173311031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4173311031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5. 4173311031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4173311031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6. 4173311031 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. 4173311031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7. 4173311031 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. 4173311031 TABLES.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8. 4173311031 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 4173311031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9. 4173311031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 4173311031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13. 4173311031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4173311031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 14. 4173311031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4173311031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh dari sisi effect size media Adobe Flash model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pakkat. Penggunaan Adobe Flash tersebut dapat membuat proses pembelajaran yang berkelanjutan tidak monoton, sehingga banyak menarik perhatian siswa untuk mengikuti proses belajar. Jenis penelitian menggunakan Quasi Experimental Design, yang bertujuan memantau pengaruh suatu tindakan/perlakuan terhadap perilaku yang dikenakan pada siswa atau menguji asumsi apakah tindakan tersebut memiliki pengaruh dibandingkan dengan tindakan yang lain. Penelitian ini memiliki dua kelompok penelitian, yaitu kelas eksperimen diberi pembelajaran Adobe Flash melalui model inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan model pembelajaran inkuiri tanpa perlakuan. Anggota percobaan penelitian ini adalah siswa sekolah menengah XI IPA. Penentuan target dilakukan dengan purposive sampling, termasuk 25 siswa masing masing untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data kemampuan komunikasi matematis menggunakan tes uraian dan penyebaran angket untuk motivasi belajar siswa. Data dianalisis secara kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan berikut diperoleh: (1) Penggunaan Adobe Flash melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pakkat dengan rata-rata motivasi belajar matematika siswa pada kelas kontrol sebesar 75,4, sedangkan pada kelas eksperimen 84. Besarnya pengaruh perlakuan terhadap motivasi belajar siswa 1,31 (pengaruh besar). (2) Penggunaan Adobe Flash melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pakkat dengan rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada kelas kontrol adalah 69,6, sedangkan pada kelas eksperimen adalah 82. Besarnya pengaruh perlakuan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa adalah 1,33 (pengaruh besar)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-MAT-170 / 371.33 Sim p
Keywords: Penggunaan Adobe Flash; Inkuiri Terbimbing; Kemampuan Komunikasi matematis; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:28
Last Modified: 14 Nov 2022 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49113

Actions (login required)

View Item
View Item