Sipayung, Decy Damayanti (2022) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Biografi Berbasis Canva untuk Siswa Kelas X SMK Swasta Teladan Pematangsiantar. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196192005 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 8196192005 APROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8196192005 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 8196182995 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 8196192005 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM 8196192005 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 8196192005 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 8196192005 CHART.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM. 8196192005 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
10. NIM. 8196192005 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
14. NIM. 8196192005 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
15. NIM 8196192005 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan modul teks teks biografi berbentuk kanva pada siswa kelas X SMK Swasta Teladan Pematangsiantar, (2) kelayakan modul teks biografi berbentuk canva pada siswa kelas X SMK Swasta Teladan Pematangsiantar, (3) keefektifan modul teks biografi berbentuk canva pada siswa kelas X SMK Swasta Teladan Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gell. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan tes tertulis berbentuk uraian pada materi teks prosedur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan bahan ajar dilakukan dengan 10 tahap, yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi/perbaikan desain, uji coba awal produk, revisi/perbaikan produk, uji coba pemakaian, revisi/perbaikan produk, dan produk massal. (2) kelayakan bahan ajar berupa modul yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan validasi ahli materi dan ahli desain. Ahli materi meliputi aspek kelayakan isi / materi, kelayakan penyajian, kelayakan Bahasa dan kesesuaian tema teks biografi berbentuk canva dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 96,75%dengan kriteria “sangat baik”. Ahli desain diperoleh persentase nilai rata-rata keseluruhan sebesar 85% dengan kriteria “sangat baik”. Persentase rata-rata diperoleh dari aspek kelayakan kegrafikan dan tema teks biografi berbentuk canva. Ahli media diperoleh persentase nilai rata-rata keseluruhan sebesar 85% dengan kriteria “sangat baik”. Persentase rata-rata diperoleh dari indikator penilaian tampilan tulisan, tampilan gambar, kemenarikan, dan keterpaduan. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 91,25% dengan kriteria “sangat baik”. uji coba perorangan diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 83,33% dengan kriteria “sangat baik”. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 83,86% dengan kriteria “sangat baik”. Selanjutnya, pada uji coba lapangan terbatas diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 84,59% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan keseluruhan data yang diperolrh menunjukan bahwa bahan ajar tek biografi berbentuk canva dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.72 Sip p |
Keywords: | Bahan Ajar; Teks Biografi; Canva. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 09:12 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49064 |