Siahaan, Wirem Multiani (2021) Metode Pembelajaran Eurhythmics Pada Materi Ansambel Musik Sejenis di Yayasan TK Kasih Syaloom Pakam Raya Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2172142010 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM 2172142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM 2172142010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
4. NIM 2172142010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
5. NIM 2172142010 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
6. NIM 2172142010 PICTURES.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
7. NIM 2172142010 TABLES.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
8. NIM 2172142010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 2172142010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
13. NIM 2172142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui metode
pembelajaran Eurhythmics pada materi ansambel musik sejenis di Yayasan TK
Kasih Syaloom Pakam Raya Selatan. 2) Untuk mengetahui hasil belajar materi
ansambel musik sejenis dengan menggunakan metode pembelajaran Eurhythmics
pada materi ansambel musik sejenis di Yayasan TK Kasih Syaloom Pakam Raya
Selatan. 3) Untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran
ansambel musik sejenis dengan menggunakan metode pembelajaran Eurhythmics
pada materi ansambel musik sejenis di Yayasan TK Kasih Syaloom Pakam Raya
Selatan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori pembelajaran.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif
dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh
peserta didik TK Kasih Syaloom sebanyak 18 0rang dan 1 guru kelas di Yayasan
TK Kasih Syaloom Pakam Raya Selatan. Sampel penelitian ini yaitu seluruh
peserta didik TK Kasih Syaloom sebanyak 18 0rang dan 1 guru kelas di Yayasan
TK Kasih Syaloom Pakam Raya Selatan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan untuk menjaring data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
dari penelitian ini menjelaskan bahwa pembelajaran ansambel musik sejenis (alat
musik rekorder) di seluruh peserta didik Yayasan TK Kasih Syaloom Pakam Raya
Selatan dilakukan dalam 3 pertemuan dimana masing-masing pertemuan terdapat
tiga tahap, yakni pendahuluan, inti dan penutup. Hasil belajar yang dicapai peserta
didik lebih baik dan efisien dengan metode pembelajaran eurhythmics yang
mencakup penilaian individu dari setiap peserta didik. Kesulitan pada
pembelajaran ini didukung oleh 2 faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal
dimana para peserta didik menjadi kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran
akibat keterbatasan jumlah alat musik, kurang mengenal nada, pembelajaran yang
tidak kondusif dan keadaan lokasi waktu yang kurang mendukung para peserta
didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Eurhythmics; Ansambel; Musik Sejenis |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 00:56 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 00:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48867 |