PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Andini, Lili (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4171131021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4171131021 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4171131021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4171131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171131021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171131021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4171131021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4171131021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4171131021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4171131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4171131021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4171131021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4171131021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4171131021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4171131021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4171131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi powToon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Budi Satrya Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Random sampling sebanyak 2 kelas yaitu X MIPA 1 sebagai kelas ekperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diajarkan menggunakan media media pembelajaran video animasi powToon, sementara pada kelas kontrol diajarkan dengan media powerpoint. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kimia materi sistem periodik unsur. Teknik analisis data dengan statistik manual dan program SPSS versi 22. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan yaitu Independent-Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi powToon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur, dengan perolehan nilai post-test pada kelas eksperimen sebesar 87,4 sementara kelas kontrol memperoleh nilai post-test sebesar 78,3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 099
Keywords: Animasi; PowToon; Sistem periodik unsur; Media pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:26
Last Modified: 13 Oct 2022 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48331

Actions (login required)

View Item
View Item