Taufik, Elfi Syafrida (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah, Pengambilan Keputusan, Berpikir Kreatif, dan Berpikir Reflektif Siswa SMA Negeri Se-Rantau Selatan Mata Pelajaran Biologi pada Masa Pandemi Covid-19. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196173007 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 8196173007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM 8196173007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM 8196173007 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 8196173007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM 8196173007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 8196173007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8196173007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 8196173007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
13. NIM 8196173007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM 8196173007 REFRENCES.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kreatif dan berpikir reflektif menjadi perhatian penting dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kreatif, dan berpikir reflektif siswa pada masa pandemi covid-19 berdasarkan aspek indikator pada materi Biologi di kelas XI SMA Negeri Se-Rantau Selatan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Negeri Se-Rantau Selatan dengan sampel sebanyak 200 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (soal essay) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil perhitungan 200 siswa kelas XI SMA Negeri Se-Rantau Selatan untuk variabel kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 70,38. Pada variabel kemampuan pengambilan keputusan siswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 68,83. Pada variabel kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 70,35. Pada variabel kemampuan berpikir reflektif siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 72,20. Pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring di SMA Negeri Se-Rantau Selatan berjalan baik. Hal ini didasarkan pada persentase (71%) respon siswa melalui jawaban dari kuesioner. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pengambilan keputusan siswa masih tergolong sedang sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir reflektif tergolong tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Tau a |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemampuan Pengambilan Keputusan; Berpikir Kreatif; Berpikir Reflektif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 04:58 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47484 |