Rabi'ah (2022) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Inkuiri. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8214071008 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. NIM 8214071008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3. NIM 8214071008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM 8214071008 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM 8214071008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM 8214071008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7. NIM 8214071008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8214071008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8214071008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. NIM 8214071008 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi model pembelajaran inkuiri? 2) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi model pembelajaran inkuiri? 3) Bagaimana proses jawaban siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi model pembelajaran inkuiri? Jenis penelitian adalah eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Laksamana Martadinata dengan sampel kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi siswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran berbasis masalah berpengaruh lebih signifikan dibandingkan pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. 2) Pembelajaran berbasis masalah berpengaruh lebih signifikan dibandingkan pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 3) Proses penyelesaian tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah lebih lengkap dibanding dengan pembelajaran inkuiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Rab p |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Komunikasi Matematik; Pembelajaran Berbasis Masalah; Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 02:56 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47468 |