Pakpahan, Dianita (2021) PERSEPSI MAHASISWA BIOLOGI PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173141015 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 4173141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
3. NIM 4173141015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4. NIM 4173141015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM 4173141015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
9. NIM 4173141015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
13. NIM 4173141015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM 4173141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa biologi angkatan 2018 terhadap : (1) lingkungan belajar; (2) materi pembelajaran; (3) interaksi belajar; (4) media pembelajaran; dan (5) gaya belajar serta perbedaan persepsi mahasiswa program studi pendidikan biologi dan program studi biologi setelah mengikuti pembelajaran online di UNIMED. Penelitian ini berupa penelitian desktiptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan biologi angkatan 2018 UNIMED. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan dihitung menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 72 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Angket juga divalidkan dengan bantuan seorang dosen biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) mahasiswa memiliki lingkungan belajar yang baik, tetapi masih perlu adanya perbaikan; (2) mahasiswa belum menerima materi pembelajaran yang dikembangkan dengan baik; (3) interaksi mahasiswa dengan materi pembelajaran sudah baik, akan tetapi interaksi mahasiswa dengan dosen dan antar sesama mahasiswa belum baik; (4) mahasiswa menyukai media pembelajaran online, terutama WhatsApp dan Google Classroom; (5) mahasiswa lebih menyukai gaya belajar visual; dan (6) tidak terdapat perbedaan persepsi mahasiswa program studi pendidikan biologi dan program studi biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 141 |
Keywords: | Persepsi; Pembelajaran online; Gaya belajar; Lingkungan belajar; Interaksi belajar; Media pembelajaran; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 04:35 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47134 |