Lubis, Devi Arisanti (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171141012 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4171141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
3. NIM. 4171141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
4. NIM. 4171141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
5. NIM. 4171141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4171141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
13. NIM. 4171141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. NIM. 4171141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring di Universitas Negeri Medan di masa pandemi Covid-19 T.A. 2020/2021; 2) mengetahui jenis-jenis pembelajaran daring yang digunakan di Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2018 Universitas Negeri Medan di Masa pandemi Covid-19 T.A. 2020/2021. Penelitian ini di laksanakan pada bulan Desember-Maret 2020 di Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif campuran dengan strategi eksplanatoris sekuensial dan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling sebanyak 109 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis interaktif untuk data kualitatif dengan mengikuti konsep yang meliputi tiga alur kegiatan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2018 Universitas Negeri Medan sudah terimplementasi dengan baik dengan skor 81,48 dimana dari hasil Indeks Prestasi Semester (IPS) mahasiswa memiliki rata-rata 3,45 (sangat memuaskan). Sementara itu jenis pembelajaran daring yang digunakan pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan yaitu jenis perpaduan pembelajaran daring sinkronus dan asinkronus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 134 |
Keywords: | Pembelajaran daring; Interaksi belajar; Bahan ajar digital; Pembelajaran sinkronus; Pembelajaran asinkronus; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 08:53 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47085 |