Gohae, Bahagia (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL SISWA MENGGUNAKAN GOOGLE MEET-GOOGLE CLASSROOM DENGAN GOOGLE MEET-WHATSAPP GROUP PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171141010 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM 4171141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM 4171141010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM 4171141010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 4171141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM 4171141010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
13. NIM 4171141010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
14. NIM 4171141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan literasi digital siswa dengan menggunakan Google Meet-Google Classroom dengan Google Meet-Whatsapp Group pada materi ekosistem di SMA Negeri 4 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Medan pada bulan Januari sampai Maret 2021. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yang teridir dari 72 siswa yang dipilih secara Random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan memberikan tes kognitif (Pre-test dan Post-tets) sebanyak 30 soal pilihan ganda dan angket literasi digital siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas X MIA 3 dengan menggunakan Google Meet-Google Classroom diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 53,44 standar deviasi sebesar 5,26 dan rata-rata post-test sebesar 86,00 standar deviasi 5,21 dan pada kelas X MIA 4 dengan Menggunakan Google Meet-Whatsapp Group diperoleh nilai rata-rata pre-test 48,69 standar deviasi 6,54 dan nilai rata-rata post-test adalah 82,25 standar deviasi 6,24. Literasi digital siswa pada kelas eksperimen I (Google Meet-Google Classroom) sebesar 71% lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan literasi digital siswa pada kelas eksperimen II (Google Meet-Whatsapp Group) sebesar 69%. Adanya perbedaan hasil belejar dan literasi digital siswa dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana jika nilai signifikan atau Sig (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima jika Sig (2-tailed)> 0,05 Ho ditolak, uji hipotesis hasil belajar yaitu 0,007< 0,05 dan pada literasi digital yaitu 0,034<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan literasi digital siswa dengan menggunakan Google Meet-Google Classroom lebih tinggi dari pada Goole Meet-Whatsapp Group.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 119 |
Keywords: | Pembelajaran daring; Literasi digital; Ekosistem; Google meet; Google classroom; Whatsapp; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 02:55 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47034 |