Fitri, Nurul (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS DI SMA NEGERI 16 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
0_8126122034-Cover.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
1_8126122034-Pengesahan.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
2_8126122034-Abstrak.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3_8126122034-Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4_8126122034-Daftar isi.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5_8126122034-Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6_8126122034-Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7_8126122034-Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8_8126122034-Bab I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
12_8126122034-Bab V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
13_8126122034-Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih tinggi daripada hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) Hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris yang memiliki tingkat kemampuan awal tinggi lebih baik daripada hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris yang memiliki tingkat kemampuan awal rendah; dan (3) Interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMA Negeri 16 Medan yang berjumlah 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 40 anak. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris dan tes kemampuan awal. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 × 2.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris siswa kelas model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris siswa kelas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Fhitung > Ftabel (8,666 > 3,96); (2) terdapat perbedaan hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris siswa yang memiliki kemampuan awal rendah dengan Fhitung > Ftabel (81,373 > 3,96); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris dengan Fhitung > Ftabel (4,110 > 3,96).
Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam meningkatkan hasil belajar pemahaman membaca bahasa Inggris siswa. Selain itu perlu ditingkatkan kemampuan awal siswa dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.45 Fit p |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran; Bahasa inggris; Kemampuan awal; Pemahaman bacaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 07:55 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4678 |