Silaban, Maghdalena Hardina (2022) Pengembangan Modul Materi Berbicara Pada Mata Kuliah Keterampilan Bahasa Produktif Untuk Mahasiswa Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia Unimed. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186192013 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8186192013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM. 8186192013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 8186192013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 8186192013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 8186192013 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8186192013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8186192013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8186192013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 8186192013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 8186192013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan mengembangkan modul materi berbicara pada mata kuliah keterampilan bahasa produktif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model 4-D (Four D Models) yang meliputi 4 tahap yaitu tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan desiminasi (disseminate). Tahap pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil angket kebutuhan yang telah disebarkan dapat hasil bahwa responden membutuhkan pengembangan modul materi berbicara pada mata kuliah keterampilan bahasa produktif. 2) validasi ahli materi meliputi, validasi materi pembelajaran dan validasi desain pembelajaran. Validasi materi pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 85,50% dengan kategori “sangat baik”. Validasi desain pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata 77% dengan kategori “baik”. 3) Uji coba produk pembelajaran berupa pengembangan modul keterampilan bahasa produktif materi berbicara terhadap responden kelas B sore fakultas bahasa dan seni jurusan pendidikan bahasa Indonesia mendapat nila rata-rata 80, 15% dengan ketegori “baik”. mahasiswa sesudah menggunakan pengembangan modul keterampilan bahasa produktif materi berbicara mendapatkan peningkatan dibandingkan sebelum menggunakan pengembangan modul keterampilan bahasa prduktif materi berbicara. Dengan demikian modul keterampilan bahasa produktif materi berbicara mendapatkan hasil belajar dan membuat mahasiswa belajar secara mandiri, aktif, dan membudayakan mengembangkan modul secara terus-menerus sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.072 Sil p |
Keywords: | modul; keterampilan bahasa produktif; materi berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4001 Oratory. Elocution, etc. |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 02:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46655 |