Ariastika, Devi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Materi Kalor Dan Perpindahannya pada Siswa SMP Negeri 1 Babalan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182007 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 8186182007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
3. NIM. 8186182007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 8186182007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 8186182007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 8186182007 TABLES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM. 8186182007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM. 8186182007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 8186182007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM. 8186182007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 8186182007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitiian ini dilatar belakangi hasil belajar IPA masih jauh di bawah nilai KKM, Model pembelajaran yang belum mampu membuat siswa aktif, mandiri, dan bisa mengembangkan pegetahuan dari hasil belajar di kelas, Siswa tidak memiliki kemampuan berpikir kritis dan rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Babalan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA siswa; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa; (3) Pengaruh interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa; (4) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir siswa; (5) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (6) Pengaruh interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan sampel sebanyak dua kelas, kelas VII1 sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung dan kelas VII9 sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan: (1) Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan uraian berjumlah 25 item; (2) Tes berpikir kritis dalam bentuk uraian sebanyak 10 item; dan (3) Angket motivasi dalam bentuk pernyataan sebanyak 30 item. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji Anava dua jalur dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA siswa (α=0,05, p=0,004); (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa (α=0,05, p=0,044); (3) Terdapat interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa (α=0,05, p=0,016); (4) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir siswa (α=0,05, p=0,005); (5) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (α=0,05, p=0,022); (6) Terdapat interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (α=0,05, p=0,000).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 536,507 2 Ari p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Pembelajaran Langsung; Motivasi; Hasil Belajar IPA; Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:58 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46632 |