Siregar, Leni Sri Ramadhani (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 0308Aek Bargot. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186182040 COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
2. NIM 8186182040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
3. NIM 8186182040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 8186182040 ACKNOWLEGEMENT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM 8186182040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. NIM 8186182040 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM 8186182040 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8186182040 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 8186182040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM 8186182040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
14. NIM 8186182040 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Langsung; hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah, interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa kelas IV. Penelitian berbentuk Quasi Experimental Design dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PPKn dan instrumen Keterampilan Sosial. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model konvensional sebesar 57,04 sedangkan menggunakan model Problem Based Learning sebesar
64,81. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem
Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas IV SD Negeri 0308
Aek Bargot. Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah dengan (=27.875) > (=4,03) dan sig. (=0.00) < α (=0.05). Serta terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar PPKn Siswa di SD Negeri 0308 Aek Bargot dengan nilai signifikansi keterampilan sosial sebesar 0,00.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sir p |
Keywords: | model pembelajaran problem based learning; keterampilan sosial; hasil belajar |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3440 Civil service. Government officials and employees L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 06:20 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 06:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46483 |