PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF TERINTEGRASI MERDEKA BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA

Rangkuti, Septi Lumongga Duma (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF TERINTEGRASI MERDEKA BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173111072 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173111072 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173111072 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173111072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173111072 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173111072 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173111072 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173111072 PREFACE.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173111072 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173111072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173111072 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173111072 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173111072 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173111072 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173111072 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173111072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Merdeka Belajar merupakan respon terhadap kebutuhan sistem pendidikan pada era Revolusi Industri 4.0. Guru dapat melakukan kebebasan dalam memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran di era ini. Posisi guru adalah penggerak dalam mendorong siswa untuk banyak mencoba, bertanya, dan berkarya. Oleh karena itu guru, tak terkecuali guru matematika, dituntut untuk menginovasikan pembelajarannya termasuk mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Pengembangan ini diperlukan karena masih minimnya penggunaan e-modul interaktif yang terintegrasi dengan merdeka belajar pada salah satu materi pelajaran yang sangat penting yaitu statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas e-modul interaktif terintegrasi merdeka belajar pada materi statistika yang dikembangkan berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan. Jenis penelitian adalah research and development dengan model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek kevalidan, penilaian validator materi dan media yaitu 3,67 dalam kategori sangat layak. Berdasarkan aspek kepraktisan, hasil respon siswa dan guru matematika berturut-turut sebesar 3,50 dan 3,64 dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif terintegrasi merdeka belajar pada materi statistika dinyatakan sangat layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 172
Keywords: Modul elektronik; Project based learning; Statistika; Pembelajaran saintifik; Merdeka belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:58
Last Modified: 19 Jul 2022 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46444

Actions (login required)

View Item
View Item