ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI ALJABAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP NEGERI 3 MEDAN

Naibaho, Kiki Widianingsih (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI ALJABAR MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4161111038 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4161111038 COVER.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4161111038 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4161111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141111038 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141111038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4161111038 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4161111038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4161111038 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4161111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4161111038 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4161111038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 416111038 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 416111038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4161111038 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4161111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa Kelas VII-6 SMP Negeri 36 Medan dalam menyelesaikan soal operasi aljabar melalui pendekatan matematika realistik. Subjek penelitian adalah beberapa siswa kelas VII-6 SMP Negeri 36 Medan yang berjumlah 32 siswa.Objek penelitian ini adalah analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar melalui pendekatan matematika realistik di kelas VII-6 SMP Negeri 36 Medan.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Dari hasil penelitian, diperoleh siswa yang melakukan kesalahan konsep sebanyak 5
siswa (16%), kesalahan operasi sebanyak 5 siswa (16%), kesalahan prinsip sebanyak 12 siswa (38%), kesalahan dalam penggunaan notasi (41%), dan kesalahan karena kecerobohan sebanyak 21 siswa (66%). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan yang dilakukan yaitu kurangnya pemahaman siswa
dalam materi operasi aljabar, siswa kurang mengerti tentang konsep, perkalian dan penggunaan notasi dalam operasi aljabar serta ketidaktelitian (kecerobohan) siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa melalui pendekatan matematika realistik siswa lebih mudah memahami dan menyelesaikan soal operasi aljabar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 193
Keywords: Kesalahan matematika; Operasi aljabar; Matematika realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:18
Last Modified: 12 Jul 2022 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46332

Actions (login required)

View Item
View Item