Nasution, Wulandari (2021) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163311071 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 4163311071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM. 4163311071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4. NIM. 4163311071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 4163311071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. NIM. 4163311071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. NIM. 4163311071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM. 4163311071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku digital berbasis model pembelajaran discovery learning yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi jajargenjang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi angket dan instrumen, lembar validasi RPP, lembar validasi media, angket respon siswa dan guru terhadap buku digital. Setelah seluruh instrumen dinyatakan valid oleh validator, kemudian dilakukan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa buku digital berbasis model pembelajaran discovery learning pada materi jajargenjang yang dikembangkan adalah: (1) perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran discovery learning yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan nilai validitas materi sejumlah 3,17 tergolong kategori sangat layak dan nilai validitas materi sejumlah 3,05 tergolong kategori layak. (2) Buku digital berbasis model pembelajaran discovery learning pada materi jajargenjang yang dikembangkan telah memenuhi kreteria melalui : a) hasil angket respon guru terhadap buku digital menunjukkan nilai kepratisan sejumlah 3,29 tergolong kategori sangat praktis b) hasil angket respon siswa terhadap buku digital menunjukkan niali kepraktisan sebesar 3,46 dengan kategori sangat praktis. (3) Buku digital berbasis model pembelajaran discovery learning yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal 88%; b) lebih dari 65% siswa mencapai 75% tujuan pembelajaran untuk setiap indikator; c) waktu pembelajaran sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba lapangan serta respon siswa baik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Melalui uji Gain, terlihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan buku digital berbasis model pembelajaran discovery learning mengalami peningkatan sebesar 0,79 artinya dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 067 |
Keywords: | Bahan ajar; Buku digital; Pemecahan masalah matematis; Discovery learning; Segi empat; Segitiga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 03:10 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46194 |