Harianja, Widya Jelita (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PARULIAN 1 MEDAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM . 4173311107 COVER.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2. NIM 4173311107 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. NIM . 4173311107 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM . 4173311107 PREFACE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. NIM . 4173311107 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM . 4173311107 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
13. NIM . 4173311107 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM . 4173311107 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) lebih baik dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar melalui pembelajaran biasa, (2) Mendeskripsikan kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang menerapkan dua pembelajaran yaitu model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) dan pembelajaran biasa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Parulian 1 Medan. Pengambilan sampel dilakukan secara nonprobability sampling, dan diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji analisis varians satu arah (One Way Anova) berdasarkan n-gain kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan matematis siswa yang mendapatkan model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa, (2) Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketika mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 054 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran interaktif; Kesalahan jawaban; Pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 10:02 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46192 |