Rangkuti, Rahmayani (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS MENCATAT SISWA MENGGUNAKAN MIND MAP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN GROUP INVESTIGATION TENTANG CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI SMP PANCA BUDI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116174013 Cover.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. 8116174013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
3. 8116174013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. 8116174013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. 8116174013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 8116174013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 8116174013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. 8116174013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 8116174013 Bab I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
10. 8116174013 Bab V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
11. 8116174013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini dilakukan di SMP Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014, bertujuan untuk mengetahui perbedaan: (1) hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan menggunakan mind map melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan mind map melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation; dan (2) kreativitas mencatat siswa yang dibelajarkan menggunakan mind map melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan mind map melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, di SMP Panca Budi Medan yang terdiri dari 7 kelas, yang terbagi ke dalam 4 kelas unggulan dan 3 kelas reguler. Pada penelitian, sampel adalah seluruh siswa kelas VII reguler dengan jumlah sampel 80 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 35 soal, dan untuk menilai kreativitas mencatat siswa digunakan rubrik penilaian kreativitas mencatat. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan menggunakan mind map melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan mind map melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (thitung = 5.624; P = 0.000); dan (2) Kreativitas mencatat siswa yang dibelajarkan menggunakan mind map melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dibandingkan dengan kreativitas siswa yang dibelajarkan menggunakan mind map melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Skor rata-rata mencatat siswa yang dibelajarkan menggunakan mind map melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share 3.23, dan Skor rata-rata mencatat siswa yang dibelajarkan menggunakan mind map melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation 2.75. Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa pembelajaran menggunakanan mind map melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat mengakomodasikan siswa kedalam proses mencatat yang lebih kteatif serta meningkatkan hasil belajar siswa di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 578.012 071 2 Ran p |
Keywords: | Group Investigation; Hasil Belajar; Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4616 |