Zulfikar, Dede (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF. [UNSPECIFIED]
1. 8126172009 Cover.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. 8126172009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 8126172009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. 8126172009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. 8126172009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. 8126172009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. 8126172009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. 8126172009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. 8126172009 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126172009 Bab V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
11. 8126172009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol pretes postes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan metakognitif lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa, (3) bagaimanakah proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan metakognitif dan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Takengon dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas X-Mia 3 (eksperimen) dan kelas X-Mia 2 (kelas Kontrol). Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes KAM, (2) tes kemampuan pemecahan masalah, (3) skala kemandirian belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefesien reliabilitas sebesar 0,781 dan 0,643 berturut turut untuk kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Anova dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (2) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan metakognitif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Peneliti menyarankan agar pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan metakognitif dapat menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Zul p |
Keywords: | Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Metakognitif, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4609 |