Sembiring, Fenny Riszka Enn Miya (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY PADA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 03 MEDAN T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173111022 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 4173111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
3. NIM. 4173111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
4. NIM. 4173111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 4173111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM. 4173111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 4173111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
14. NIM. 4173111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self efficacy pada kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling yaitu 1 kelas Ki Bagoes HadiKoesoemo yang berjumlah 37 sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essay yang berjumlah 4 butir soal dan angket yang terdiri dari 40 butir pernyataan yang sudah divalidkan oleh 2 orang dosen UNIMED dan 1 orangguru matematika di sekolah SMP Muhammadiyah 3 Medan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan persamaan regresi linier berganda Y ̂ = 1,467+ 1,365 X_1+ 0,254 X_(2 ).Melalui uji t ada pengaruh antara model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan nilai t_(hitung )> t_(tabel ) (7,918>2,032) dan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 0,06 ( 0,00<0,05). Dan ada pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan nilai t_(hitung )> t_(tabel ) (2,529 >2,032) dan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 0,016 ( 0,00<0,05). Serta ada pengaruh model pembelajaran problem posing dan self efficacy secara bersama memiliki berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dimana nilai F_(hitung )> F_(tabel ) (56,041>3,27) dengan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 0,00 ( 0,00<0,05). Dan besar kontribusi model pembelajaran problem posing dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah 76,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 050 |
Keywords: | Problem posing; Self efficacy; Pemecahan masalah matematis; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 08:15 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45845 |