META ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL)

Ananda, Ega Dwi Syah (2021) META ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4172111027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4172111027 COVER.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4172111027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4172111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4172111027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4172111027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4172111027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4172111027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4172111027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4172111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172111027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172111027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4172111027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4172111027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4172111027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4172111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan besar pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah artikel pada jurnal nasional dan internasional dengan rentang tahun 2017 sampai dengan tahun 2021. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan didapatkan 5 artikel yang sesuai kriteria. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis besaran pengaruh Cohen’s d effect size. Hasil penelitian: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran model brain based learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran konvensional, (2) Secara keseluruhan, model brain based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan nilai effect size sebesar 1,674 yang termasuk ke dalam kategori efek besar, (3) Besar pengaruh model brain based learning berdasarkan jenjang pendidikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada tingkat SMP/MTs lebih tinggi daripada tingkat SMA/SMK/MA dengan nilai effect size sebesar 1,707 termasuk ke dalam kategori efek besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 051
Keywords: Berpikir kritis; Brain based learning; Meta analisis; Pembelajaran matematika; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Mar 2022 08:11
Last Modified: 31 Mar 2022 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45790

Actions (login required)

View Item
View Item