Nasution, Taufik (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF ESTEEM MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTSN ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116172021 Cover.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2. 8116172021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. 8116172021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
4. 8116172021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
5. 8116172021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
6. 8116172021 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7. 8116172021 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. 8116172021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
9. 8116172021 Bab I.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
10. 8116172021 Bab V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
11. 8116172021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : (1) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa yang diajarkan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Ekspositori (2) Peningkatan Self Esteem matematika siswa yang diajarkan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Ekspositori (3) Terdapat interaksi antara model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Kemampuan Awal Matematika siswa terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah siswa; (4) Terdapat interaksi antara Pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Kemampuan Awal Matematika siswa terhadap Peningkatan Self Esteem matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen yang dilaksanakan di MTsN Aceh Tamiang dengan sampel 74 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan tes Self Esteem matematika yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa dan Self Esteem matematika yang memperoleh model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh Pembelajaran Ekspositori, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Berbasis Masalah dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Self Esteem matematika, Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Esteem matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nas p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah; Self Esteem Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4568 |