Ompusunggu, Erpida (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP SEMESTER II T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173351006 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4173351006 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM. 4173351006 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4. NIM. 4173351006 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. NIM. 4173351006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 4173351006 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
13. NIM. 4173351006 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM. 4173351006 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) berdasarkan ahli, respon guru dan siswa selain itu untuk mengetahui keefektifan LKPD serta mengetahui hubungan signifikan antara KPS dan hasil belajar peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sei Bamban yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik. Tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan 10 soal essay untuk mengukur KPS pada materi cahaya dan alat optik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data dari validasi ahli materi sebesar 98,37% ahli pembelajaran 80% penilaian guru IPA sebesar 92% dengan masing-masing presentese tersebut termasuk dalam kategori sangat layak dan layak. Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil dengan sampel 10 orang sebesar 86,7 %, sedangkan pada uji coba kelompok besar persentase respon peserta didik dengan sampel 32 orang sebesar 90,97% dengan masing-masing kriteria sangat layak, sehingga berdasarkan hasil validasi LKPD ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. LKPD yang dirancang efektif untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar peserta didik dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA, dengan nilai KPS diperoleh skor rata-rata N-Gain 0,74 sedangkan hasil belajar peserta didik diperoleh hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,77 dengan interpretasi tinggi. Hasil dari uji korelasi antara KPS dan hasil belajar didapatkan hasil r = 0.66 ini menunjukkan bahwa antara KPS dan hasil belajar memiliki hubungan atau berkorelasi positif dengan interpretasi sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 IPA 125 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Keterampilan proses sains; Cahaya; Alat optik; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 03:26 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45646 |