Alpianingsih, Tia (2021) ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4161111074 COVER.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
2. NIM. 4161111074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM. 4161111074 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
4. NIM. 4161111074 PREFACE.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
5. NIM. 4161111074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
6. NIM. 4161111074 TABLES.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
7. NIM. 4161111074 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
8. NIM. 4161111074 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
9. NIM. 4161111074 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4161111074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
14. NIM. 4161111074 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil analisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), dan (2) hasil analisis proses jawaban siswa terkait kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dari berbagai temuan penelitian. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini diperoleh dari kumpulan literatur seperti tesis dan jurnal yang relevan dengan topik pembahasan yaitu peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat membantu peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa akan dituntut untuk ikut berperan aktif dalam penyelesaian permasalahan matematika yang diberikan oleh guru. Setiap artikel jurnal dan tesis tersebut memaparkan hasil data mengenai peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan cara yang beragam. Namun didapatkan hasil yang serupa bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran tersebut. 2) Proses penyelesaian jawaban siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dari beberapa sumber data menunjukkan ketercapaiannya indikator kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Adapun saran yang dapat diberikan adalah selama proses pembelajaran guru hendaklah mengetahui hal apa yang diperlukan oleh siswa. Seperti kemampuan komunikasi matematis yang merupakan kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh setiap siswa, sehingga dalam hal ini diperlukan pemilihan model pembelajaran yang sesuai untuk melatih kemampuan komunikasi siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Studi Kepustakaan, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Proses Jawaban Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 04:09 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45573 |