Hutabarat, Sri Aswita (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMPN 2 AIR PUTIH BATUBARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4161111070 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 4161111070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
3. NIM. 4161111070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. NIM. 4161111070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM. 4161111070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
6. NIM. 4161111070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7. NIM. 4161111070 TABLES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
8. NIM. 4161111070 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
9. NIM. 4161111070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (884kB) | Preview
13. NIM. 4161111070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
14. NIM. 4161111070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 2 Air Putih, Batubara (2) Mengetahui keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik (3) Mengetahui kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik (4) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define,design,develop, dan disseminate). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMPN 2 Air Putih, Batubara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik, tes untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan komunikasi matematis siswa, dan angket respon siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) LKPD yang telah dikembangkan memenuhi kevalidan dengan rata-rata 92 dan memperoleh kategori valid, (2) Dari segi kepraktisan, diperoleh persentase angket respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan dengan Pendekatan Matematika Realistik sebesar 90,5% dengan kategori praktis (positif), (3) LKPD yang dikembangkan juga telah memenuhi kriteria keefektifan dengan ketuntasan individu sebesar 87% dan ketuntasan klasikal belajar siswa sebesar 91,6%. Secara keseluruhan hasil penelitian adalah ditemukan LKPD yang efektif dalam kegiatan belaja mengajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 03:41 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45572 |