Ardi, Beni (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8214081011 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8214081011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
3. NIM 8214081011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8214081011 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 8214081011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM 8214081011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM 8214081011 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 8214081011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
12. NIM 8214081011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13. NIM 8214081011 REFERNCES.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bagaimana validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap matematika, (2) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap matematika, dan (3) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis masalah .Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yakni jenis penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektivan produk tersebut. Penelitian ini merupakan Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa SMP Swasta Bakti Medan kelas VIII tahun ajaran 2021/2022, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Pembelajaran Berbasis Masalah telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan perangkat pembelajaran dengan Pembelajaran Berbasis Masalah meningkat ditinjau dari: rata-rata nilai posttest uji coba I sebesar 76,88 meningkat menjadi 81,19 pada uji coba II dan mengealami peningkatan pada tahap penyebaran sebesar 84,38 dan N-Gain uji cobaI sebesar 0,31 pada kategori sedang meningkat menjadi 0,33 pada kategori sedang pada uji coba II dan pada tahap penyebaran meningkat menjadi 0,42 kategori sedang. Perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah Buku Siswa dan LKPD. Pengembangan perangkat dilakukan menggunakan model pengembangan four D model.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Ard p |
Keywords: | pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 10:05 |
Last Modified: | 28 May 2024 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45555 |