Annajmi (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN REPRESENTASI MATEMATIK MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA SISWA SMP NEGERI 25 PEKANBARU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136171010 COVER.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2. NIM. 8136171010 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (835kB) | Preview
3. NIM. 8136171010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM. 8136171010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 8136171010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 8136171010 TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM. 8136171010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 8136171010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8136171010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. NIM. 8136171010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan representasi matematik siswa melalui metode penemuan terbimbing berbantuan software Geogebra, 2) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematik terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan representasi matematik siswa, 3) aktivitas siswa selama pembelajaran dan 4) mendeskripsikan proses jawaban siswa pada tes kemampuan pemahaman konsep dan representasi matematik masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel sebanyak 80 siswa. Sampel terdiri dari dua kelas eksperimen, yaitu kelas VII-1 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen-1 dan kelas VII-4 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen-2. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematik, tes kemampuan representasi matematik dan lembar observasi. Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis covarian dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan representasi matematik siswa melalui pembelajaran metode penemuan terbimbing berbantuan software Geogebra lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan representasi matematik siswa melalui pembelajaran metode penemuan terbimbing tanpa software Geogebra, 2) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematik terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan representasi matematik siswa, 3) Aktivitas siswa melalui pembelajaran metode penemuan terbimbing berbantuan software Geogebra lebih baik daripada pembelajaran metode penemuan terbimbing tanpa software Geogebra. 4) Proses penyelesaian masalah dari tes kemampuan pemahaman konsep dan representasi matematik siswa melalui pembelajaran metode penemuan terbimbing berbantuan software Geogebra menunjukkan ketercapaian indikator kemampuan pemahaman konsep dan representas matematik yang lebih baik daripada pembelajaran metode penemuan terbimbing tanpa software Geogebra.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Ann p |
Keywords: | pemahaman konsep; representasi;software geogebra;penemuan terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4555 |