Ramadhani (2015) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN SELF EFFICACY ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA DENGAN TANPA GEOGEBRA DI SMPN 22 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171042 Cover.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. 8136171042 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
3. 8136171042 Abstrak.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. 8136171042 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
5. 8136171042 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
6. 8136171042 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. 8136171042 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. 8136171042 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. 8136171042 Bab V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
10. 8136171042 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra dengan siswa yang menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing tanpa bantuan GeoGebra; (2) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pengetahuan awal matematika siswa dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, (3) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan self-efficacy antara siswa yang belajar dengan penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra dengan siswa yang belajar penemuan terbimbing tanpa bantuan GeoGebra; (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pengetahuan awal matematika siswa terhadap peningkatan self-efficacy siswa; dan (5) respon siswa terhadap pembelajaran penemuan terbimbing berbatuan GeoGebra. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan subjek penilitian kelas VII SMPN 22 Medan. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes pengetahuan awal matematik, (2) tes kemampuan pemecahan masalah matematika, (3) angket self efficacy , dan (4) angket respon siswa terhadap pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra. Analisis data dilakukan dengan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mendapat perlakuan pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra dengan siswa yang diajarkan dengan penemuan terbimbing tanpa bantuan GeoGebra yaitu 0,091, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pengetahuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik, (3) terdapat perbedaan peningkatan self efficay antara siswa yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra dengan siswa yang diajarkan dengan penemuan terbimbing tanpa bantuan GeoGebra (4) tidak ada interaksi anatara pembelajaran dengan pengetahuan awal matematika dengan peningkatan self efficacy siswa yaitu 0,140, (5) respon siswa terhadap pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra positif 89,47%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Ram p |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik; Self Efficacy Siswa; Pembelajaran Penemuan Terbimbing; GeoGebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4546 |