Handayani, Tri (2020) Pengaruh Teknik Pembelajaran Akrostik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gebang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2161111046 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 2161111046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM. 2161111046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 2161111046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 2161111046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 2161111046 TABLES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM. 2161111046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 2161111046 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
12. NIM. 2161111046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
13. NIM. 2161111046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Pembelajaran
Akrostik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri
1 Gebang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Sampel
yang diambil adalah kelas X MIPA 4 berjumlah 34 siswa. Metode yang
digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan
penelitian deskriptif dengan tipe tes awal – tes akhir kelompok tunggal (the one
group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 64,35 dengan
kategori cukup dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu
sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 85,50 dengan
kategori sangat baik dan telah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil analisis,
diperoleh data bahwa berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji
normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test
adalah (0,097 < 0,152), hasil uji normalitas data post-test adalah (0,104 < 0,152).
Hasil uji homogenitas kemampuan menulis puisi siswa adalah Fhitung < Ftabel yakni
3,11 < 4,15 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 10,84 > 2,035 sehingga hipotesis
hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat
disimpulkan bahwa teknik pembelajaran akrostik memiliki pengaruh terhadap
kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang tahun
pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kemampuan menulis; puisi; teknik akrostik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 08:54 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45257 |