Lubis, Miftah Masruri (2020) Pengaruh Penggunaan Media Windows Movie Maker Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot oleh Siswa Kelas X SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153311029 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 2153311029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. NIM. 2153311029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 2153311029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 2153311029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM. 2153311029 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 2153311029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 2153311029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
12. NIM. 2153311029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
13. NIM. 2153311029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Windows
Movie Maker terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh siswa kelas X SMA
Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri atas 4 kelas yang berjumlah 128 siswa
dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh
sampel penelitian adalah kelas X IIS 1 sebanyak 32 siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test
post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes
uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan ujii “t”. Data yang
diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot
sebelum media Windows Movie Maker mendapat nilai rata-rata (mean) sebesar
50,56 sedangkan nilai rata-rata (mean) kemampuan siswa menulis teks anekdot
setelah menggunakan media Windows Movie Maker sebesar 84,59. Karena t0
diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 28,35 > 2,04 maka Ha diterima, hal ini berarti
ada pengaruh media Windows Movie Maker terhadap kemampuan menulis teks
anekdot siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran
2019/2020. Hal ini membuktikan bahwa hasil pembelajaran menulis teks anekdot
sesudah media Windows Movie Maker lebih baik daripada hasil pembelajaran
sebelum mengggunakan media Windows Movie Maker, proses pembelajaran
sesudah menggunakan media Windows Movie Maker berpengaruh positif terhadap
kemampuan menulis teks anekdot.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Windows Movie Maker; Menulis Teks Anekdot |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 09:58 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45190 |