Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pengambilan Keputusan (Decision Making) terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII MTS Al-Ulum Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Huda, Silvia Nurul (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pengambilan Keputusan (Decision Making) terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII MTS Al-Ulum Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2161111040 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2161111040 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2161111040 APROVAL PAGE.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2161111040 APROVAL PAGE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2161111040 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2161111040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2161111040 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2161111040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2161111040 TABLE CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2161111040 TABLE CONTENT.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2161111040 LIST TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2161111040 LIST TABLE.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2161111040 LIST APPENDIX.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2161111040 LIST APPENDIX.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2161111040 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2161111040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2161111040 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2161111040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM2161111040 REFFERENCES.pdf]
Preview
Text
13. NIM2161111040 REFFERENCES.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pengambilan keputusan (decision making) pada siswa kelas VIII MTS Al-Ulum Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.Populasi penelitian ini 160 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 32 siswa kelas VIII MTS MTS Al-Ulum Medan Tahun Pembelajarn 2019/2020.Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen.Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test).Dengan desain ini, pengaruh dari eksperimen dapat diketahui pasti karena telah menggunakan tes awal.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menulis teks persuasi sebelum menggunakan model pembelajaran pengambilan keputusan (decision making) pada siswa kelas VIII MTS Al-Ulum Tahun Pembelajaran 2019/2020 kurang dengan nilai rata-rata 60.Kemampuan menulis teks persuasi sesudah menggunakan model pembelajaran pengambilan keputusan (decision making) pada siswa kelas VIII MTS Al-Ulum Tahun Pembelajaran 2019/2020 sangat baik dengan nilai rata-rata 85.Model pembelajaran siswa dalam menulis teks persuasi. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t diperoleh nilai 13,89> 2,04. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembeljaran pengambilan keputusan (decision making) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model; Pembelajaran; Menulis; Teks Persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Feb 2022 09:58
Last Modified: 08 Feb 2022 09:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45189

Actions (login required)

View Item
View Item