PENGARUH STRATEGI PROBLEM SOLVING, GUIDED DISCOVERY DAN KONVENSIONAL TERHADAP SIKAP ILMIAH, HASIL BELAJAR BIOLOGI, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 3 LANGSA

Afrida, Hetni (2014) PENGARUH STRATEGI PROBLEM SOLVING, GUIDED DISCOVERY DAN KONVENSIONAL TERHADAP SIKAP ILMIAH, HASIL BELAJAR BIOLOGI, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 3 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126173009 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126173009 Cover.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126173009 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126173009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126173009 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126173009 Abstrak.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126173009 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126173009 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126173009 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126173009 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126173009 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126173009 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126173009 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126173009 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126173009 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126173009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126173009 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126173009 Bab I.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126173009 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126173009 Bab V.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126173009 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126173009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh strategi pembelajaran Problem Solving, Guided Discovery dan Konvensional terhadap (1) Hasil belajar Biologi; (2) Kemampuan berpikir kritis siswa; (3) sikap ilmiah siswa pada materi pokok ekosistem, di kelas X SMA Negeri 3 Langsa. Populasi dalam penelitian berjumlah 6 kelas dan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas X1 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Guided Discovery, X3 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Problem Solving, dan X2 dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Konvensional. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar sebanyak 30 soal dan kemampuan berpikir kritis sebanyak 25 soal, dalam bentuk pilihan berganda, serta lembar observasi untuk mengetahui sikap ilmiah siswa. Teknik analisis menggunakan Analysis of Covariances (ANAKOVA) dan One Way Analysis of Variances (One Way ANOVA) dengan taraf signifikansi ∝ = 0,05 dengan bantuan program SPSS 18.0. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Biologi siswa dengan Fhit 3,308; p = 0,051 meskipun demikian hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi Guided discovery 73,57±8,95 lebih tinggi dibandingkan strategi Problem solving 72,79±4,58 maupun strategi Konvensional 70,57±4,58 (2) ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan Fhit 10,588; p = 0,000 Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem solving 76,93±8,68 tidak berbeda signifikan dibandingkan dengan kelas `strategi Guided discovey 76,19±10,03 namun berbeda signifikan dari kelas yang dibelajarkan dengan strategi Konventional 68,95± 8,56 (3) ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap sikap ilmiah belajar siswa Fhit 26,193; p = 0,000. Sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan strategi Guided discovery 75,83±5,76 lebih tinggi dibandingkan dengan strategi Problem solving 72,26 ± 5,08 maupun kelas yang dibelajarkan dengan strategi Konvensional 67,64± 5,05. Berdasarkan hasil penelitian strategi Guided discovery lebih baik dari strategi yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 577.071 2 Afr p
Keywords: Sikap ilmiah; Problem solving; Guided discovery; Berpikir kritis; Strategi pembelajaran; Pembelajran konvensional; Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 May 2016 19:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4517

Actions (login required)

View Item
View Item