Afrida, Hetni (2014) PENGARUH STRATEGI PROBLEM SOLVING, GUIDED DISCOVERY DAN KONVENSIONAL TERHADAP SIKAP ILMIAH, HASIL BELAJAR BIOLOGI, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 3 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126173009 Cover.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. 8126173009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
3. 8126173009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
4. 8126173009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. 8126173009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6. 8126173009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. 8126173009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 8126173009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. 8126173009 Bab I.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
10. 8126173009 Bab V.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
11. 8126173009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh strategi pembelajaran Problem Solving, Guided Discovery dan Konvensional terhadap (1) Hasil belajar Biologi; (2) Kemampuan berpikir kritis siswa; (3) sikap ilmiah siswa pada materi pokok ekosistem, di kelas X SMA Negeri 3 Langsa. Populasi dalam penelitian berjumlah 6 kelas dan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas X1 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Guided Discovery, X3 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Problem Solving, dan X2 dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Konvensional. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar sebanyak 30 soal dan kemampuan berpikir kritis sebanyak 25 soal, dalam bentuk pilihan berganda, serta lembar observasi untuk mengetahui sikap ilmiah siswa. Teknik analisis menggunakan Analysis of Covariances (ANAKOVA) dan One Way Analysis of Variances (One Way ANOVA) dengan taraf signifikansi ∝ = 0,05 dengan bantuan program SPSS 18.0. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Biologi siswa dengan Fhit 3,308; p = 0,051 meskipun demikian hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi Guided discovery 73,57±8,95 lebih tinggi dibandingkan strategi Problem solving 72,79±4,58 maupun strategi Konvensional 70,57±4,58 (2) ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan Fhit 10,588; p = 0,000 Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem solving 76,93±8,68 tidak berbeda signifikan dibandingkan dengan kelas `strategi Guided discovey 76,19±10,03 namun berbeda signifikan dari kelas yang dibelajarkan dengan strategi Konventional 68,95± 8,56 (3) ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap sikap ilmiah belajar siswa Fhit 26,193; p = 0,000. Sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan strategi Guided discovery 75,83±5,76 lebih tinggi dibandingkan dengan strategi Problem solving 72,26 ± 5,08 maupun kelas yang dibelajarkan dengan strategi Konvensional 67,64± 5,05. Berdasarkan hasil penelitian strategi Guided discovery lebih baik dari strategi yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 2 Afr p |
Keywords: | Sikap ilmiah; Problem solving; Guided discovery; Berpikir kritis; Strategi pembelajaran; Pembelajran konvensional; Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4517 |