Yanti, Desy Novi (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Write Around Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153311006 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 2153311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
3. NIM. 2153311006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
4. NIM. 2153311006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM. 2153311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
6. NIM. 2153311006 TABLES.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. NIM. 2153311006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 2153311006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
12. NIM. 2153311006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
13. NIM. 2153311006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Write around terhadap kemampuan menulis teks narasi. Penelitian dilakukan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan dengan populasi 162 siswa. Sampel diambil secara acak dan di dapat kelas VII-B (kelas eksperimen) dan kelas VII-D (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah kelas masing-masing 32 orang. Penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan desain penelitian post test only design. Perlakuan yang diberikan berupa model pembelajaran Write Around di kelas ekperimen dan model pembelajaran ekspositori di kelas kontrol. Kemampuan menulis teks narasi saat menggunakan model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 63,8 (termasuk dalam kategori kurang). Sedangkan kemampuan menulis teks narasi dengan menggunakan model pembelajaran Write Around (kelas eksperimen) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 78,1 (termasuk dalam kategori baik). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunkan uji “t”diperoleh nilai t0 = 5,60. Setelah t0 diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% dengan df=N-1 = 32-1 = 31, maka akan diperoleh taraf signifikan 5% = 2,04, karena to yang diperoleh lebih besar daripada Ttabel yaitu 5,60 > 2,04, maka hipotesis nilai (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran Write Around lebih efektif digunakan dibandingkan model ekspositori terhadap kemampuan siswa menulis teks narasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas; Model Write Around; Menulis teks narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 03:43 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45168 |