Efektivitas Model Pembelajaran Write Around Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Yanti, Desy Novi (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Write Around Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2153311006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2153311006 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2153311006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2153311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2153311006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2153311006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2153311006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2153311006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2153311006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2153311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2153311006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2153311006 TABLES.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2153311006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2153311006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2153311006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2153311006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (734kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2153311006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2153311006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2153311006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2153311006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Write around terhadap kemampuan menulis teks narasi. Penelitian dilakukan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan dengan populasi 162 siswa. Sampel diambil secara acak dan di dapat kelas VII-B (kelas eksperimen) dan kelas VII-D (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah kelas masing-masing 32 orang. Penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan desain penelitian post test only design. Perlakuan yang diberikan berupa model pembelajaran Write Around di kelas ekperimen dan model pembelajaran ekspositori di kelas kontrol. Kemampuan menulis teks narasi saat menggunakan model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 63,8 (termasuk dalam kategori kurang). Sedangkan kemampuan menulis teks narasi dengan menggunakan model pembelajaran Write Around (kelas eksperimen) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 78,1 (termasuk dalam kategori baik). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunkan uji “t”diperoleh nilai t0 = 5,60. Setelah t0 diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% dengan df=N-1 = 32-1 = 31, maka akan diperoleh taraf signifikan 5% = 2,04, karena to yang diperoleh lebih besar daripada Ttabel yaitu 5,60 > 2,04, maka hipotesis nilai (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran Write Around lebih efektif digunakan dibandingkan model ekspositori terhadap kemampuan siswa menulis teks narasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Efektivitas; Model Write Around; Menulis teks narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:43
Last Modified: 07 Feb 2022 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45168

Actions (login required)

View Item
View Item