PURBA, DIAN TRESYA (2020) PERSEPSI GURU TENTANG ALAT PERAGA KARTU DUA WARNA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR GUGUS 1 KEC. SIEMPATNEMPU KAB. DAIRI SIDIKALANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.1162111014 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 1162111014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (815kB) | Preview
4. NIM. 1162111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
3. NIM. 1162111014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM. 1162111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
6. NIM. 1162111014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
7. NIM. 1162111014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
8. NIM. 1162111014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM. 1162111014 BAB I.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
13. NIM. 1162111014 BAB V.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
14. NIM.1162111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru mengenai alat peraga kartu dua warna dalam proses pembelajaran matematika di Sekolah Dasar gugus 1 Kec. Siempatnempu, Kab. Dairi, Sidikalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan penggunaan angket/kuesioner. Subjek dalam penelitian ini yakni seluruh guru kelas Sekolah Dasar gugus 1 Kecamatan siempatnempu, kabupaten Dairi, Sidikalang yang berjumlah 30 orang. Analisis terhadap angket atau kuesioner dilakukan dengan sistem skala likert. Hasil penelitian persepsi guru tentang alat peraga kartu dua warna dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar gugus 1 kec. Siempatnempu kab. Dairi, Sidikalang dikategorikan “Baik” dengan rata-rata perolehan nilai jawaban kuesioner yaitu 4,2. Berdasarkan indikator kognitif dapat disimpulkan bahwa ada sebanyak 51% yang memilih alternative jawaban sangat baik, ada sebanyak 31,11% yang memilih alternative jawaban baik, da nada sebanyak 17,77% yang memilih alternative jawaban ragu-ragu. Artinya guru memiliki pengetahuan yang tinggi tentang alat peraga kartu dua warna dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan indikator afektif dapat disimpulkan bahwa ada sebanyak 41,81% yang memilih alternative jawaban sangat baik, ada sebanyak 36,02% yang memilih alternative jawaban baik, dan ada sebanyak 23,78% yang memilih alternative jawaban ragu-ragu artinya guru memiliki sikap atau keyanikan yang tinggi mengenai alat peraga kartu dua warna dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan indikator konatif dapat disimpulkan bahwa ada sebanyak 51,33% ang memilih alternative jawaban sangat baik, ada sebanyak 52,99% yang memilih alternative jawaban baik, da nada sebanyak 20,66% ang memilih alternative jawaban ragu-ragu. Artinya guru memiliki kecenderungan yang tinggi untuk menerapkan alat peraga kartu dua warna dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi Guru, Alat Peraga Kartu Dua Warna |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:41 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45091 |